arti seorang anak laki-laki bagi suku batak



                                          Arti Penting Anak Laki-Laki bagi Suku Batak


     Anak adalah anugerah terindah yang di titipkan Pencipta ditengah-ditengah sebuah keluarga. Anak laki-laki ataupun anak perempuan sebenarnya sama saja, namun ada keistimewaan anak laki-laki bagi Suku Batak Toba. Batak Toba adalah suku dengan sistem kekeluargaan patrilinear. Marga yang akan dimiliki oleh anak-anak adalah marga bapaknya. Dengan demikian, tidak ada anak berari marga tidak akan diteruskan lagi dari seorang Bapak.
     Anak laki-laki sering mendapat sorotan utama. Kehadiran anak laki-laki dalam keluarga Batak Toba sungguh sangat mendapat perhatian. Bagaimana tidak. Keluarga tanpa anak laki-laki dianggab sebuah aib dan kegagalan. Dari hal tersebut banyak kasus yang telah kita lihat, seorang suami tega menduakan bahkan sampai menceraikan istrinya karena obsesinya ingin memiliki anak laki-laki. Dari obsesi sang suami tersebut dia tega menelantarkan putrinya sendiri.
      Dalam hal ini, anak laki-laki menjadi penerus dalam garis keturunan bagi leluhurnya. Vergouwen pernah berpendapat. “Dalam pengaturan setiap adat dan kebiasaan yang berlaku dimasyarakat Batak, kaum laki-laki berperan dalam menentukan jalannya suatu adat karena masyarakat Batak merupakan penganut sistim garis keturunan Patriakal, dimana hak menggantikan menurut alur laki-laki secara langsung terwujud melalui kelahiran anak laki-laki, karena anak laki-laki adalah pelaksana wajar dari kesinambungan keturunan dari jalur bapak” (Vergouwen, 1986).
     Namun pada saat ini, seiring dengan perkembangan zaman telah merubah pola pikir generasi muda suku Batak, ketegangan antara punya anak laki-laki atau tidak menjadi persoalan yang sangat penting dalam keluarga. Banyak keluarga muda Batak Toba sering tidak lagi memperhatikan ini bahkan menolak keharusan anak laki-laki di tengah keluarga mereka.Karena bagi mereka punya ataupun tidak punya anak laki-laki tidak menjadi penghalang bagi keluarga mereka untuk hidup bahagia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to Insert Video into Youtube

The Benefit and The content of Green Beans

Tips Overcoming Hair Loss